Skip to main content
prospective families on a campus tour

Program Studi

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung atau disingkat STTB/STT BAndung resmi berdiri pada tanggal 05 Oktober 1991 dengan Nomor SK Dirjen DIKTI No: 197/DIKTI/Kep/1992. Saat itu jurusan yang dibuka adalah Teknik Industri jenjang S1 yang beraktifitas di kampus STTB di Jalan Kartini No. 10 Bandung Jawa Barat.

Meskipun usia STTB baru dua puluh empat tahun, akan tetapi Jurusan Teknik Industri STT Bandung ini memiliki sejarah yang cukup panjang di bidang pendidikan dan ilmu teknik industri di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Evaluasi terus dilakukan tim manajemen STTB dengan memperhatikan kilas balik profil jurusan teknik industri setelah lebih dari 24 tahun berdiri dengan memperhatikan dan bercermin terhadap aspek internal dan eksternal sebagai acuan bagi keberlanjutan (sustainability) pengelolaan jurusan teknik industri di masa yang akan datang.

TT Bandung didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten di bidangnya dan mampu menghadapi tantangan global, mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada di sekelilingnya, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dengan harapan dapat menjadi seorang pengusaha sukses serta dapat menciptakan kesempatan kerja bagi lingkungannya.

Mengantisipasi pesatnya perkembangan Teknologi Informasi, IPTEK, Era Globaliasi dan Milenium ke-3 serta untuk memberikan yang terbaik bagi masa depan mahasiswa/i nya, Yayasan Science dan Teknologi kemudian mengajukan usulan ke DIKTI melalui Kopertis Wilayah IV Jabar untuk melakukan merger atas kedua Sekolah Tinggi diatas untuk menjadi Universitas Komputer Indonesia .

STT Bandung sebagai institusi pendidikan yang telah berdiri lebih dari 24 Tahun telah mendapat beberapa kali perpanjangan ijin operasional dari DIKTI (terakhir dengan Nomor : 1396/D/T/K-IV/2009 tanggal 11 Maret 2009) dan dua kali mendapat akreditasi untuk jurusan Teknik Industri dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (terakhir pada tanggal 9 November 2013 dengan No: 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013).

Misi: 

  1. Menyelenggarakan program pendidikan,penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara efisien, terpadu, tepat waktu dan berkesinambungan
  2. Menyelenggrakan pendidikan dengan keunggulan mutu yang diselaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adaptif terhadap tantangan sosial, budaya dan lingkungan
  3. Mengupayakan terobosan dan inovatif dalam mencari teknologi tepat guna yang memberi manfaat bagi pembangunan berwawasan lingkungan
  4. Beradaptasi aktif dalam kajian teknologi tepat guna bagi industri sedang dan menengah

Visi:  Menjadi pusat pendidikan tinggi teknologi informasi yang menguasai bidang rekayasa perangkat lunak(sofware anginnering) dan Multimedia Audio Visual dan broadcasting yang berlandaskan pada moral dan etika yang berwawasan global, berdaya saing dan unggul secara nasional pada tahun 2020.

Tujuan:  Tujuan program studi adalah menghasilkan Sarjana yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi, menghasilkan karya yang sesuai dengan kebutuhan,beretika, berwawasan luas serta serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.


Akreditasi

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi", dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi dan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Sudah Terakreditasi BAN-PT